Ø Sejak
dulu sampai sekarang penjualan masih tetap berperan paling penting diantara
aktivitas lainnya. Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan, karena
dari penjualan dapat diperoleh laba. Banyak faktor selain usaha promosi
termasuk segi pelayanan atau pemberian service,
harga yang cocok, juga bagian pimpinan perusahaan dapat mengikuti order
penjualan yang masih luas/terbuka. Maka aktivitas penjualan dapat di
kronologiskan sebagai berikut:
1) Penerimaan pesanan
2) Penegasan pesanan
3) Pengiriman barang
4) Pembuatan faktur
5) Pembuatan laporan operasional
penjualan
Ø Prosedur
penjualan adalah urutan-urutan sejak diterimanya pesanan dari pembeli
pengiriman barang, pembuatan faktur (penagihan) dan pencatatan penjualan.
Prosedur penjualan melibatkan beberapa bagian dalam perusahaan dengan maksud
agar penjualan yang terjadi dapat diawasi dengan baik.
Ø Penjualan
dapat dibagi 2 dalam pelaksanaannya, yaitu:
o Penjualan
secara tunai
o Penjualan
secara kredit
Ø Prosedur – Prosedur Penjualan Tunai
1. Prosedur Order Penjualan
2. Prosedur Penerimaan Kas
3. Prosedur Penyerahan barang
4. Prosedur Pencatatan Penjualan Tunai
5. Prosedur Penyetoran Kas ke Bank
6. Prosedur Pencatatan Penerimaan Kas
7. Prosedur Pencatatan
Harga Pokok Penjualan
Ø
Dokumen yang Digunakan Dalam Sistem Penjualan Tunai
1.
Faktur Penjualan Tunai (FPT)
2.
Pita Register Kas (PRK)
3.
Credit Card Sales Slip
4.
Bill Of Lading
5.
Faktur Penjualan COD
6.
Bukti Setor Bank
7. Rekap Harga Pokok
Penjualan
Ø Prosedur Penjualan Kredit
Pelanggan datang ke perusahaan dan
melihat barang yang diinginkan. Setelah pelangganmendapatkan barang yang
diinginkan dan cocok dengan harga yang diajukan, pelangganmengajukan permohonan
kredit, maka fungsi penjualan akan memberikan formulir penjualan
kredit dan menjelaskan persyaratan untuk mengajukan penjualan kredit.Setelah
formulir diisi dan ditandatangani oleh pelanggan, formulir tersebut
diserahkankepada fungsi penjualan kembali beserta data-data yang diperlukan
untuk diperiksakelengkapannya, setelah di cek kelengkapannya, fungsi penjualan
akan mengirim formulir penjualan kredit dan persyaratan yang diperlukan ke
fungsi kredit.
Ø Prosedur
– Prosedur Penjualan Kredit
1. Prosedur
penjualan
2. Prosedur
persetujuan kredit
3. Prosedur
pengiriman barang
4. Prosedur
pembuatan faktur
5. Prosedur
akuntansi penjualan kredit
Ø Prosedur
pesanan penjulan informasi yang pada umumnya dibutuhkan meliputi:
o
Pesanan-pesanan yang
belum dapat dipenuhi
o Kesanggupan
untuk mengirim barang di waktu tertentu
Ø Dokumen yang Digunakan Dalam Sistem Penjualan Kredit
1.
Penawaran Harga (PH)
3.
Memo
4.
Purcahse Order (PO)
5.
Surat Pengantar Supplier (SPS)
6.
Berita Acara Penerimaan
10. Faktur Pajak
11. Kwitansi
Ø
Keterangan Siklus
Pembelian Tunai:
o Customer
Customer melakukan order barang
yang dikirim ke Bagian Penjualan. Lalu mendapatkan Bukti Pembelian. Setelah
diproses, customer akan mendapatkan kiriman barang dari Bagian Pengiriman.
Barang yang diterima lalu dicek apakah sama dengan Bukti Pembelian. Jika cocok,
customer menandatangani dan mengembalikan Surat Jalan dan Bukti Pembelian ke
Bagian Pengiriman.
o Bagian
Penjualan
Setelah menerima Order Barang dari
Customer, Bagian Penjualan membuat Bukti Pembelian yang dirangkap 3, lembar
pertama untuk Customer, lemabar kedua untuk Bagian Gudang, dan lembar ketiga
untuk Bagian Keuangan. Dari Bukti Pembelian tersebut, Bagian Penjualan membuat
Surat Jalan yang dirangkap 3. Lembar pertama dan kedua untuk Bagian Pengiriman
dan lembar ketiga untuk Bagian Gudang.
Dari Bukti Pembelian 1 dan 2 yang
diterima dari Bagian Pengiriman, lalu dibuat Laporan Penjualan rangkap 2,
lembar pertama sebagai arsip dan lembar kedua dikirim ke Pimpinan.
o Bagian
Gudang
Dari Bukti Pembelian yang diterima
dari Bagian Penjualan, Bagian Gudang menyiapkan barang yang diorder. Barang
tersebut dikirim ke Bagian Pengiriman. Bagian Gudang juga menerima Surat Jalan
dari Bagian Penjualan sebagai arsip.
o Bagian
Pengiriman
Setelah menerima Barang dari Bagian
Gudang dan Surat Jalan dari Bagian Penjualan, lalu barang dikirim bersama Surat
Jalan tersebut ke Customer.
Bukti Pembelian dan Surat Jalan
yang telah ditandatangani oleh Customer diberikan ke Bagian Penjualan.
o Bagian
Keuangan
Menerima Bukti Pembelian dari
Bagian Penjualan sebagai dasar pembuatan Laporan Keuangan yang dirangkap 2,
yang pertama diberikan ke Pemimpin dan lembar kedua untuk arsip.
o Pemimpin
Menerima Laporan Keuangan dari
Bagian Keuangan dan Laporan Penjualan dari Bagian Penjualan sebagai arsip.
Ø
Keterangan Siklus
Pembelian Kredit:
o Customer
Customer melakukan order barang
yang dikirim ke Bagian Penjualan. Lalu mendapatkan Bukti Pembelian. Setelah
diproses, customer akan mendapatkan kiriman barang dari Bagian Pengiriman.
Barang yang diterima lalu dicek apakah sama dengan Faktur Pembelian. Jika
cocok, customer menandatangani dan mengembalikan Surat Jalan dan Faktur Pembelian
ke Bagian Pengiriman.
o Bagian
Penjualan
Setelah menerima Order Barang dari
Customer, Bagian Penjualan membuat Faktur Pembelian yang dirangkap 3, lembar
pertama untuk Customer, lemabar kedua untuk Bagian Gudang, dan lembar ketiga
untuk Bagian Keuangan. Dari Faktur Pembelian tersebut, Bagian Penjualan membuat
Surat Jalan yang dirangkap 3. Lembar pertama dan kedua untuk Bagian Pengiriman
dan lembar ketiga untuk Bagian Gudang.
Dari Faktur Pembelian 1 dan 2 yang
diterima dari Bagian Pengiriman, lalu dibuat Laporan Penjualan rangkap 2,
lembar pertama sebagai arsip dan lembar kedua dikirim ke Pimpinan.
o Bagian
Gudang
Dari Faktur Pembelian yang diterima
dari Bagian Penjualan, Bagian Gudang menyiapkan barang yang diorder. Barang
tersebut dikirim ke Bagian Pengiriman. Bagian Gudang juga menerima Surat Jalan
dari Bagian Penjualan sebagai arsip.
o Bagian
Pengiriman
Setelah menerima Barang dari Bagian
Gudang dan Surat Jalan dari Bagian Penjualan, lalu barang dikirim bersama Surat
Jalan tersebut ke Customer.
Faktur Pembelian dan Surat Jalan
yang telah ditandatangani oleh Customer diberikan ke Bagian Penjualan.
o Bagian
Keuangan
Menerima Faktur Pembelian dari
Bagian Penjualan sebagai dasar pembuatan Laporan Keuangan yang dirangkap 2,
yang pertama diberikan ke Pemimpin dan lembar kedua untuk arsip.
o Pemimpin
Menerima Laporan Keuangan dari
Bagian Keuangan dan Laporan Penjualan dari Bagian Penjualan sebagai arsip.
6 komentar:
FULL 52-56MB Download Software Untuk Kredit Barang & Finance POSFT - Sudah support : Anuitas, Flat, Sliding, Floating. Lengkap dengan grafik. Lengkap dengan petunjuk penggunaan dan VIDEO TUTORIAL. Silahkan bisa langsung di cek,,Tranks.
kalo ini sumbernya dari mana yah? kalo ga keberatan kasih tau dong :D
terimakasih,sangat membantu sekali dalam pembuatan tugas saya.
Min, mau tanya. Informasi yang di laporkan dalam siklus penjualan kredit itu apa aja ya? Makasih
keterangan yang retur kq gak ada kak
Casino Review for 2021 - Dr.CMD
Find out our casino games, mobile apps, bonuses, banking 용인 출장마사지 options and more 용인 출장샵 in our 2021 Casino Review. Rating: 4 · 수원 출장샵 Review 목포 출장안마 by Dr.CMD หารายได้เสริม
Posting Komentar