Posting berikut merupakan kelanjutan dari posting di atas sebelumnya. Kali ini saya akan membahas 9 software akuntansi antara lain:
A.
MYOB ACCOUNTING
17
MYOB (Mind Your
Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi
secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi
akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir
yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara
otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan
berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting
dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang
(retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang
lain. Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di
berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir
MYOB Accounting versi 17.
Kelebihan dari MYOB Accounting
versi 17 :
MYOB Accounting menawarkan kemudahan bagi para
penggunanya. Para pengguna MYOB Accounting
dapat mengoperasikan software ini, meskipun tidak memiliki kemampuan pembukuan sama
sekali. Hal ini dikarenakan di dalam software MYOB Accounting tersedia menu setup
dan implementasi yang baik.
2. Accounting
Power
Software MYOB Accounting telah dikembangkan cukup lama
dan secara rutin mengeluarkan perbaikan release.
Jadi, pengelolaan informasi dengan software ini dapat diandalkan. Selama manu setup yang dilakukan baik dan benar,
aplikasi ini mampu mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3.
Feature Job dan Category
Feature
Job dan
Category dapat dipakai untuk
pengelolahan proyek dan departmentalisasi. Dengan cara ini, akan dihasilkan
laporan manajemen per proyek maupun per departemen. Laporan ini berguna bagi
manajemen untuk melihat kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus
dilakukan.
4.
Proses
Instalasi dan Maintenance Murah
Instalasi software ini
dapat dilakukan dengan mudah dan bebas biaya maintenance tahunan. Meskipun
release terbaru sudah dikeluarkan MYOB, pengguna release sebelumnya masih dapat
menggunakannya. Jika diperlukan, bisa dilakukan pembelian upgrade yang harganya
lebih murah daripada pembelian baru. Meskipun mencari MYOB yang gratis,
instalasinya juga mudah dan hampir sama dengan yang original, akan tetapi yang gratis hanya berlaku 30 hari laporan
keuangannya.
5.
Jangka
Waktu
MYOB Accounting dapat dipakai untuk memantau
tiga tahun periode pembukuan. Dalam kurun waktu ini, manajemen tetap dapat
melihat transaksi selama tiga tahun ke belakang tanpa melakukan proses tutup
buku.
6.
Tingkat
Keamanan yang Cukup Valid Untuk Setiap User
Tingkat keamanan MYOB Accounting cukup valid, karena setiap
melakukan perubahan pada MYOB Accounting
secara otomatis perubahan yang dilakukan akan tersimpan dengan sangat baik dan
rapi. Penguncian data laporan keuangan yang kita buat secara manual dapat
disetting, agar tidak dapat melakukan perubahan.
7.
Kemampuan
Trash Back
MYOB Accounting dapat melakukan trash back semua laporan yang telah
dibuat ke dalam sumber dokumen dan sumber
transaksi.
8.
Menampilkan
Laporan Keuangan Komparasi (Perbandingan) Serta Menampilkan Analisis Laporan
Dalam Bentuk Grafik.
MYOB Accounting dapat menampilkan laporan
keuangan telah dibuat ke dalam komparasi atau perbandingan. MYOB Accounting juga menganalisis laporan
keuangan yang telah dibuat dalam bentuk grafik. Sehingga hal ini memudahkan
kita dalam menganalisis laporan keuangan dalam kurun waktu yang diinginkan.
9.
Auto
Save
Setiap laporan yang
dibuat di MYOB Accounting secara otomatis langsung tersimpan tanpa mengeklik
ataupun meminta, sehingga semua perubahan yang dilakukan pada MYOB Accounting
tidak mungkin hilang, jika terjadi pemadaman ataupun tiba-tiba PC eror atau
kemungkinan yang tidak diinginkan.
Kekurangan dari
MYOB Accounting versi 17 :
1.
Tidak
Dapat Menjournal Transaksi TUNAI
MYOB Accounting tidak dapat melakukan entry journal untuk transaksi TUNAI,
MYOB Accounting hanya dapat melakukan entry
journal untuk transaksi selain TUNAI, seperti utang, piutang dan lain-lain.
2.
Tidak
Dapat Melakukan Entry Harga di Atas 1
M
MYOB Accounting
hanya dapat melakukan entry harga di
bawah 1 M per item, fungsi pelaporan MYOB Accounting
tidak sebaik DacEAsy.
3.
Melakukan
Posting yang Masih Manual
MYOB Accounting
dalam melakukan posting akun dibutuhkan kejelian yang tinggi agar tidak
tertukar dengan akun yang lainnya.
4.
Format
Neraca Masih Menggunakan Standart Australia
Format neraca dalam MYOB Accounting masih menggunakan standart GAAP atau biasa dikenal
dengan standart Australia, dikarenakan MYOB Accounting
dibuat di Australia.
5.
Belum
Mendukung Multi Inventory
MYOB Accounting
tidak mendukung multi inventory
artinya MYOB Accounting tidak
mendukung persediaan ganda (persediaan yang digunakan untuk cadangan, apabila
persediaan utamanya habis), maka perusahaan tidak dapat menggunakan MYOB Accounting jika perusahaan menggunakan multi inventory.
6.
Tidak Ada Module Fixed Assets
Di dalam MYOB Accounting tidak ada module fixed
asset, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets
yang dimiliki perusahaan tersebut, maka perusahaan harus membeli add on lagi.
7.
Tidak Ada Module Intercompany Reporting
Di dalam MYOB Accounting tidak ada module Intercompany
Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat
laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
8.
Kelemahan Multi Warehouse
Kelemahan multi warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang
konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
9.
Tidak Dapat Digunakan Untuk
Mengelola Perusahaan Dengan Multi Company
Perusahaan yang menggunakan laporan
konsolidasi tidak dapat menggunakan MYOB untuk membuat laporan konsolidasi.
10. Database
MYOB yang Kurang Optimal
Database MYOB merupakan file based
sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks.
Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga
optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
11. Menyimpan
Arsip yang Terlalu Banyak (BACK UP DATA)
MYOB Accounting di desaign auto
save, jadi setiap sebelum melakukan perubahan diharuskan melakukan back up data, jika tidak ingin mengulang
dari awal membuat laporan apabila terjadi kesalahan
.
B.
Krishand
Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax,
Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger. Software Krishand
PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan software database
yang membantu di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan
menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak menjadi praktis dan efisien
tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik
ataupun kesalahan kecil lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar
software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak
laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang
telah diinput. Untuk membantu melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software
Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
,seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data
penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak
Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti.
Kelebihan dari Krishand :
1.
Cepat dan Akurat
Dengan
software Krishand, persiapan pelaporan pajak akan terhindar dari kesalahan
seperti salah ketik, salah hitung, dan sebagainya. Akan tetapi, yang sering
terjadi pada software Krishand jika dilakukan secara manual.
2.
Praktis
Dengan
software Krishand dapat mencetak formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan
ketentuan dari kantor pajak) secara langsung tanpa harus menggunakan blanko
formulir pajak.
3.
Review Setiap Saat
Software
Krishand memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas
pajak yang lama tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas dan memudahkan kita
dalam menemukan arsip-arsip yang penting.
4.
Up to Date
Semua
formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru
yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir, sehingga formulirnya selalu up to date.
5.
Membuat Kerja Lebih Efektif,
Efisien, dan Hemat Waktu
Software Krishand dapat membuat
kerja lebih efektif, efisien, dan hemat waktu khususnya dalam perpajakan.
Kekurangan dari Krishand :
1. Cara untuk mengembangkan OSS masih
tidak diketahui.
2. Model bisnis yang tidak mengikuti
pola bisnis dalam software proprietary.
3. Kepemilikan yang tidak jelas
sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis
) dengan pola IPR ( Intellectual property
Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang
didanai selama ini.
4. Tidak adanya dukungan komersial.
5. Terlalu banyak variasi dari OSS.6,
sehingga sulit untuk mengembangkannya secara sempurna dan diterima oleh
masyarakat.
6. Usabilitas yang masih kurang baik.
7. Terbatasnya sumber daya manusia,
aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
C. ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account
Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi
Standard, kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa
menginput ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak
fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini
adalah:
a. Pajak masukan di modul pembelian
(Purchase order dan Purchase Invoice)
b. Harga satuan yang termasuk pajak
(Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
c. Template untuk semua form dengan
designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
d. Ongkos kirim (Freight) untuk modul
pembelian dan penjualan
e. Sepuluh buah custom field yang
tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
f. Perhitungan komisi Saleman yang
lebih lengkap.
g. Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian
penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
Kelebihan dari Accurate V3 Standard :
1.
Customer & Vendor
Accurate
V3 Standard dapat mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2. Purchase Order
Accurate V3 Standard ada penambahan
field Terms, dan FOB
3. Purchase Invoice
Accurate V3 Standard terdapat field
Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4. Receive Item
Accurate V3 Standard tidak menjurnal
ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
5. Purchase Return (d/h: Debit Memo)
Nilai retur bisa memasukkan nilai
Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
6. Vendor Payment (d/h: Make Payment)
Setiap form ada nomor urutnya agar
mempermudah pengarsipan.
7. Sales Order
Ditambahkan field Salesman
8. Sales Invoice / Delivery Order
Item service dari SO bisa diproses
lebih dari 1 Sales Invoice
Kekurangan dari Accurate V3 Standard :
1.
Single Login.
ACCURATE
V3 Standard hanya
bisa login menggunakan user supervisor.
2.
Cara Membuka Database
Membuka
database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3.
OEM License
OEM
license dalam ACCURATE
V3 Standard
tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4.
Tidak Untuk Pemakaian Multiple User
Di dalam ACCURATE V3 Standard tidak diperbolehkan menambah
license.
5.
Tidak Adanya Diskon
Tidak mendapat
diskon untuk major upgrade atau trade-in.
D. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional
dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan
ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan
mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak
dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh
komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
Kelebihan dari K-System :
K-System memberi pilihan untuk melakukan
komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji,
integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak
pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System
sedang dikembangkan ke Web Based.
Kekurangan dari K-System :
1.
Untuk Keamanan
dan Purna Jual yang Tidak Terjamin
K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan
dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi
Perusahaan Kecil
K-System single user diberikan
secara gratis dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan
menengah dan besar K-System single user ini dapat sebagai bahan pertimbangan
untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3. Komputerisasi
Bukanlah Hal yang Mudah
Tidak
semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak
diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan
perusahaan.
E. SAGE ACCPAC ERP
Sage Accpac ERP adalah sebuah sistem akuntansi yang
dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai
penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun
kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan
database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi
manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP
memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan
kebebasan pilihan bagi penggunanya.
Kelebihan dari Sage Accpac ERP :
- Sage Accpac ERP merupakan yang
efisien apabila diigunakan dan software ini mudah digunakan meskipun tidak
mengetahui akuntansi secara mendetail.
- Kemampuan reporting yang
kompeten
- Dapat disesuaikan dengan ukuran
dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi penuh
- Support Windows dan Linux
- Kombinasi desktop base
dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling
terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi
akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface
yang user friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan
perusahaan dan memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha.
Modul-modul finansial meliputi:
- General Ledger, Accounts
Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user
friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan
sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
- Order Entry / Sales Order,
Purchase Order, Inventory Control
Kekurangan dari Sage Accpac ERP :
1. Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat
digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk
MSSQL, report sudah harus diganti.
2. Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan
data.
3. Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan
tepat.
4. Masalah hubungan/connectivity kemungkinan
lebih sulit.
F. Zahir
Zahir Accounting merupakan software akuntansi lokal oleh PT
Senayan Abadi. Zahir sangat mudah diaplikasikan tanpa harus mengerti ilmu
akuntansi. Zahir Accounting mampu menyajikan data seketika mengenai stok
barang, laba rugi, utang piutang, dan analisis data. Software ini sangat
membantu pengusaha untuk mengambil keputusan. Zahir Accounting cocok digunakan
untuk segala jenis usaha. Misalnya perusahaan ekspor impor, minimarket,
supermarket, toko, penerbitan, restoran, dan manufaktur.
Kelebihan dari Zahir :
1. Menyediakan
Fitur Pajak
Dalam hal kepentingan perpajakan,
Zahir juga telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku di
Indonesia. Sehingga tidak perlu membuat secara manual tentang perpajakan yang
sesuai dengan negara Indonesia.
2. Dapat
Melakukan Transaksi Hingga 15 Digit
Nilai
transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setara
dengan 920 triliun.
3. Sudah
Menggunalan Standard Akuntansi yang Ada di Indonesia
Standar
akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di
Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.
Kekurangan dari Zahir :
1. Harga
software yang Mahal
Dalam hal
harga Zahir dipasarkan pada harga Rp 1 juta sampai dengan Rp 15 juta.
Seharusnya Zahir tidak dipasarkan semahal itu dan diberi yang gratis juga, agar
semua masyarakat Indonesia dapat mengenal software Zahir.
2. Tidak
Adanya Penghitungan Otomatis
Zahir
Accounting tidak dapat secara otomatis melalukan penghitung biaya perjam, biaya
pekerja dan biaya lain-lain dalam akuntansi biaya.
G. Microsoft Office Accounting
Express (MOAE)
Microsoft Office Accounting Express (MOAE) ini merupakan
fitur gratis yang disediakan Microsoft sebagai promosi dari produk komersil mereka
yakni Microsoft Office Accounting Profesional 2009. Sebagai produk
promosi, MOAE akan tidak selengkap MOAP, ada beberapa fitur MOAE yang tidak
bisa diakses, tapi harus di upgrade menjadi MOAP. Namun fitur-fitur dasarnya
hampir sama.
Keunggulan dari Microsoft Office
Accounting Express :
1. Mudah
Digunakan
Pengoperasian
MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi
bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data
transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa
harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian MOAE bisa secara otomatis
menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
2. Menyediakan
Fitur Pengelolahan Data
MOAE juga
menyediakan fitur pengelolaan data klien. Dan juga MOAE menyediakan fitur
terkait pengelolaan item produk atau jasa, dan juga pengelolaan data vendor.
Kekurangan dari Microsoft Office
Accounting Express :
1.
Tidak
Ada Fitur Pajak
Namun dalam hal perpajakan, MOAE
tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
Hanya saja, dalam software ini fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput
tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.
H. Simply Accounting
Dalam pengoperasian software ini hampir sama dengan MOAE,
dimana sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi
bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data
transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa
harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian MOAE dapat secara
otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
Keunggulan dari Simply Accounting :
1. Mudah
Digunakan
Pengoperasian
Simply Accounting sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga
cocok bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya
memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota
lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian Simply
Accounting bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan
lainnya sewaktu-waktu.
2. Menyediakan
Fitur Pengelolahan Data
Simply
Accounting juga menyediakan fitur pengelolaan data klien. Dan juga Simply
Accounting menyediakan fitur terkait pengelolaan item produk atau jasa, dan
juga pengelolaan data vendor.
Kekurangan dari Simply Accounting :
1.
Tidak
Ada Fitur Pajak
Namun dalam hal perpajakan, Simply
Accounting tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di
Indonesia. Hanya saja, dalam software ini fitur pajak yang tersedia yaitu
dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu
transaksi.
I. Dac Easy Accounting
Dac Easy secara aplikasinya dapat memenuhi kebutuhan untuk perusahaan
terkait tersedia fitur pengelolaan pelanggan. Transaksi dengan volume yang
besar pun bisa tercover oleh software ini. Pengoperasiannya juga cukup mudah
dipahami dan juga kemudahan dalam menghasilkan laporan keuangan. Namun jika
dibandingkan dengan software lokal seperti Zahir dan Accurate dengan tak kalah
kekuatan fitur-fiturnya.
Keunggulan dari Dac Easy Accounting
:
1. Harga
yang Ekonomis
masalah
harga dari Dac Easy Accounting ini akan membuat software ini tidak menjadi
pilihan favorite untuk perusahaan dan usaha menengah ke bawah.
Kekurangan dari Dac Easy Accounting
:
1. Tidak
Ada Fitur Pajak
Namun
dalam hal perpajakan, Dac Easy Accounting tidak memfasilitasi kepentingan
peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, dalam software ini
fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin
dibebankan terhadap suatu transaksi.
KESIMPULAN
:
Dari analisis dan data diatas, penulis merekomendasikan
software Zahir dari 8 software accounting yang telah dicantumkan diatas. Zahir
memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh 8 software lainnya, meskipun setiap
software ada upgrade atau perbaikan pada sistem softwarenya dan setiap software
digunakan dengan kebutuhan maupun pada spesialisnya masing-masing, akan tetapi
Zahir memiliki semua kelebihan dan menutupi semua kekurangan dari 8 software
lainnya. Zahir dalam hal fitur-fiturnya, akurasi laporan keuangan yang dihasilkan
oleh Zahir ini tidak kalah dibanding software-software dari luar negeri.
Kemudahan pengaplikasiannya menjadi nilai tambah bagi software ini. Adapun,
penghitungan Zahir harus dilakukan secara manual, sehingga dapat menghitung
sesuai dengan cara penghitungan perusahaan masing-masing.
Rekomendasi yang penulis berikan hanyalah pendapat pribadi
penulis dari pendekatan-pendekatan kelebihan dan kekurangan dari sudut pandang
penulis dan sumber-sumber yang dipakai penulis.
2 komentar:
Thaks atas infonya..
baru-baru ini kami menggunakan software keuangan dari PT. Alfasoft , namanya alfacurrency retail dan untuk toko pakai alfapos, semua produknya berbahasa Indonesia.. apa kekurangan dan kelebihan software tersebut?
karena baru beberapa hari kami menggunakannya
sangat bermanfaat tulisannya
My blog
Posting Komentar