Jumat, 27 April 2012

Ulasan Software-software akuntansi (Part II)


Posting berikut merupakan kelanjutan dari posting di atas sebelumnya. Kali ini saya akan membahas 9 software akuntansi antara lain:
A.    MYOB ACCOUNTING 17
          MYOB (Mind Your Own  Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan. MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain. Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17.
Kelebihan dari MYOB Accounting versi 17 :
1.      Mudah Digunakan
MYOB Accounting menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Para pengguna MYOB Accounting dapat mengoperasikan software ini, meskipun tidak memiliki kemampuan pembukuan sama sekali. Hal ini dikarenakan di dalam software MYOB Accounting tersedia menu setup dan implementasi yang baik.
2.      Accounting Power
Software MYOB Accounting telah dikembangkan cukup lama dan secara rutin mengeluarkan perbaikan release. Jadi, pengelolaan informasi dengan software ini dapat diandalkan. Selama manu setup yang dilakukan baik dan benar, aplikasi ini mampu mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3.      Feature Job dan Category
Feature Job dan Category dapat dipakai untuk pengelolahan proyek dan departmentalisasi. Dengan cara ini, akan dihasilkan laporan manajemen per proyek maupun per departemen. Laporan ini berguna bagi manajemen untuk melihat kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4.      Proses Instalasi dan Maintenance Murah
Instalasi software ini dapat dilakukan dengan mudah dan bebas biaya maintenance tahunan. Meskipun release terbaru sudah dikeluarkan MYOB, pengguna release sebelumnya masih dapat menggunakannya. Jika diperlukan, bisa dilakukan pembelian upgrade yang harganya lebih murah daripada pembelian baru. Meskipun mencari MYOB yang gratis, instalasinya juga mudah dan hampir sama dengan yang original, akan tetapi yang gratis hanya berlaku 30 hari laporan keuangannya.
5.      Jangka Waktu
MYOB Accounting dapat dipakai untuk memantau tiga tahun periode pembukuan. Dalam kurun waktu ini, manajemen tetap dapat melihat transaksi selama tiga tahun ke belakang tanpa melakukan proses tutup buku.
6.      Tingkat Keamanan yang Cukup Valid Untuk Setiap User
Tingkat keamanan MYOB Accounting cukup valid, karena setiap melakukan perubahan pada MYOB Accounting secara otomatis perubahan yang dilakukan akan tersimpan dengan sangat baik dan rapi. Penguncian data laporan keuangan yang kita buat secara manual dapat disetting, agar tidak dapat melakukan perubahan.
7.      Kemampuan Trash Back
MYOB Accounting dapat melakukan trash back semua laporan yang telah dibuat ke dalam sumber dokumen dan sumber  transaksi.
8.      Menampilkan Laporan Keuangan Komparasi (Perbandingan) Serta Menampilkan Analisis Laporan Dalam Bentuk Grafik.
MYOB Accounting dapat menampilkan laporan keuangan telah dibuat ke dalam komparasi atau perbandingan. MYOB Accounting juga menganalisis laporan keuangan yang telah dibuat dalam bentuk grafik. Sehingga hal ini memudahkan kita dalam menganalisis laporan keuangan dalam kurun waktu yang diinginkan.
9.      Auto Save
Setiap laporan yang dibuat di MYOB Accounting secara otomatis langsung tersimpan tanpa mengeklik ataupun meminta, sehingga semua perubahan yang dilakukan pada MYOB Accounting tidak mungkin hilang, jika terjadi pemadaman ataupun tiba-tiba PC eror atau kemungkinan yang tidak diinginkan.

Kekurangan dari MYOB Accounting versi 17 :
1.      Tidak Dapat Menjournal Transaksi TUNAI
MYOB Accounting tidak dapat melakukan entry journal untuk transaksi TUNAI, MYOB Accounting hanya dapat melakukan entry journal untuk transaksi selain TUNAI, seperti utang, piutang dan lain-lain.
2.      Tidak Dapat Melakukan Entry Harga di Atas 1 M
MYOB Accounting hanya dapat melakukan entry harga di bawah 1 M per item, fungsi pelaporan MYOB Accounting tidak sebaik DacEAsy.
3.      Melakukan Posting yang Masih Manual
MYOB Accounting dalam melakukan posting akun dibutuhkan kejelian yang tinggi agar tidak tertukar dengan akun yang lainnya.
4.      Format Neraca Masih Menggunakan Standart Australia
Format neraca dalam MYOB Accounting masih menggunakan standart GAAP atau biasa dikenal dengan standart Australia, dikarenakan MYOB Accounting dibuat di Australia.
5.      Belum Mendukung Multi Inventory
MYOB Accounting tidak mendukung multi inventory artinya MYOB Accounting tidak mendukung persediaan ganda (persediaan yang digunakan untuk cadangan, apabila persediaan utamanya habis), maka perusahaan tidak dapat menggunakan MYOB Accounting jika perusahaan menggunakan multi inventory.
6.      Tidak Ada Module Fixed Assets
Di dalam MYOB Accounting tidak ada module fixed asset, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki perusahaan tersebut, maka perusahaan harus membeli add on lagi.
7.      Tidak Ada Module Intercompany Reporting
Di dalam MYOB Accounting tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi.
8.      Kelemahan Multi Warehouse
Kelemahan multi warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
9.      Tidak Dapat Digunakan Untuk Mengelola Perusahaan Dengan Multi Company
Perusahaan yang menggunakan laporan konsolidasi tidak dapat menggunakan MYOB untuk membuat laporan konsolidasi.
10.  Database MYOB yang Kurang Optimal
Database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
11.  Menyimpan Arsip yang Terlalu Banyak (BACK UP  DATA)
MYOB Accounting di desaign auto save, jadi setiap sebelum melakukan perubahan diharuskan melakukan back up data, jika tidak ingin mengulang dari awal membuat laporan apabila terjadi kesalahan
B.     Krishand
Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 / Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan software database  yang membantu di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak menjadi praktis dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun kesalahan kecil lainnya. Software Krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu Anda menganalisa data yang telah diinput. Untuk membantu melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan  kebutuhan perusahaan ,seperti setting print out pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti.
Kelebihan dari Krishand :
1.      Cepat dan Akurat
Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak akan terhindar dari kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dan sebagainya. Akan tetapi, yang sering terjadi pada software Krishand jika dilakukan secara manual.
2.      Praktis
Dengan software Krishand dapat mencetak formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) secara langsung tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak.
3.      Review Setiap Saat
Software Krishand memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mencari-cari arsip fisik berkas dan memudahkan kita dalam menemukan arsip-arsip yang penting.
4.      Up to Date
Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir, sehingga formulirnya selalu up to date.
5.      Membuat Kerja Lebih Efektif, Efisien, dan Hemat Waktu
Software Krishand dapat membuat kerja lebih efektif, efisien, dan hemat waktu khususnya dalam perpajakan.
Kekurangan dari Krishand :
1.      Cara untuk mengembangkan OSS masih tidak diketahui.
2.      Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis dalam software proprietary.
3.      Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan ( anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama ini.
4.      Tidak adanya dukungan komersial.
5.      Terlalu banyak variasi dari OSS.6, sehingga sulit untuk mengembangkannya secara sempurna dan diterima oleh masyarakat.
6.      Usabilitas yang masih kurang baik.
7.      Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.



C. ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable, Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard, kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa menginput ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini adalah:
a.       Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
b.      Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
c.       Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
d.      Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
e.       Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
f.       Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
g.      Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
Kelebihan dari Accurate V3 Standard :
1.        Customer & Vendor
Accurate V3 Standard dapat mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2.    Purchase Order
Accurate V3 Standard ada penambahan field Terms, dan FOB
3.    Purchase Invoice
Accurate V3 Standard terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4.    Receive Item
Accurate V3 Standard tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
5.    Purchase Return (d/h: Debit Memo)
Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
6.    Vendor Payment (d/h: Make Payment)
Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
7.    Sales Order
Ditambahkan field Salesman
8.    Sales Invoice / Delivery Order
Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
Kekurangan dari Accurate V3 Standard :
1.      Single Login.
ACCURATE V3 Standard hanya bisa login menggunakan user supervisor.
2.      Cara Membuka Database
Membuka database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3.      OEM License
OEM license dalam ACCURATE V3 Standard tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4.      Tidak Untuk Pemakaian Multiple User
Di dalam ACCURATE V3 Standard tidak diperbolehkan menambah license.
5.      Tidak Adanya Diskon
Tidak mendapat diskon untuk major upgrade atau trade-in.

D. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
Kelebihan dari K-System :
K-System memberi pilihan untuk melakukan komputerisasi karena K-System adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya. K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System sedang dikembangkan ke Web Based.
Kekurangan dari K-System :
1.      Untuk Keamanan dan Purna Jual yang Tidak Terjamin
K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2.      Bagi Perusahaan Kecil
K-System single user diberikan secara gratis dan dapat pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar K-System single user ini dapat sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan komputerisasi di Perusahaan.
3.      Komputerisasi Bukanlah Hal yang Mudah
Tidak semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan perusahaan.

E. SAGE ACCPAC ERP
Sage Accpac ERP adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.
Kelebihan dari Sage Accpac ERP :
  • Sage Accpac ERP merupakan yang efisien apabila diigunakan dan software ini mudah digunakan meskipun tidak mengetahui akuntansi secara mendetail.
  • Kemampuan reporting yang kompeten
  • Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
  • Terintegrasi penuh
  • Support Windows dan Linux
  • Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul finansial meliputi:
  • General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
  • Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
Kekurangan dari Sage Accpac ERP :
1.  Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report sudah harus diganti.
2.  Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3.  Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4.  Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.


F. Zahir
Zahir Accounting merupakan software akuntansi lokal oleh PT Senayan Abadi. Zahir sangat mudah diaplikasikan tanpa harus mengerti ilmu akuntansi. Zahir Accounting mampu menyajikan data seketika mengenai stok barang, laba rugi, utang piutang, dan analisis data. Software ini sangat membantu pengusaha untuk mengambil keputusan. Zahir Accounting cocok digunakan untuk segala jenis usaha. Misalnya perusahaan ekspor impor, minimarket, supermarket, toko, penerbitan, restoran, dan manufaktur.
Kelebihan dari Zahir :
1.      Menyediakan Fitur Pajak
Dalam hal kepentingan perpajakan, Zahir juga telah menyediakan fitur Pajak Penjualan (PPn) yang berlaku di Indonesia. Sehingga tidak perlu membuat secara manual tentang perpajakan yang sesuai dengan negara Indonesia.
2.      Dapat Melakukan Transaksi Hingga 15 Digit
Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai 15 digit atau setara dengan 920 triliun.
3.      Sudah Menggunalan Standard Akuntansi yang Ada di Indonesia
Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan pelaporan keuangannya.
Kekurangan dari Zahir :
1.      Harga software yang Mahal
Dalam hal harga Zahir dipasarkan pada harga Rp 1 juta sampai dengan Rp 15 juta. Seharusnya Zahir tidak dipasarkan semahal itu dan diberi yang gratis juga, agar semua masyarakat Indonesia dapat mengenal software Zahir.
2.      Tidak Adanya Penghitungan Otomatis
Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis melalukan penghitung biaya perjam, biaya pekerja dan biaya lain-lain dalam akuntansi biaya.

G. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)
Microsoft Office Accounting Express (MOAE) ini merupakan fitur gratis yang disediakan Microsoft sebagai promosi dari produk komersil mereka yakni Microsoft  Office Accounting Profesional 2009. Sebagai produk promosi, MOAE akan tidak selengkap MOAP, ada beberapa fitur MOAE yang tidak bisa diakses, tapi harus di upgrade menjadi MOAP. Namun fitur-fitur dasarnya hampir sama.
Keunggulan dari Microsoft Office Accounting Express :
1.      Mudah Digunakan
Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian MOAE bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
2.      Menyediakan Fitur Pengelolahan Data
MOAE juga menyediakan fitur pengelolaan data klien. Dan juga MOAE menyediakan fitur terkait pengelolaan item produk atau jasa, dan juga pengelolaan data vendor.
Kekurangan dari Microsoft Office Accounting Express :
1.      Tidak Ada Fitur Pajak
Namun dalam hal perpajakan, MOAE tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, dalam software ini fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.

H. Simply Accounting
Dalam pengoperasian software ini hampir sama dengan MOAE, dimana sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian MOAE dapat secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
Keunggulan dari Simply Accounting :
1.      Mudah Digunakan
Pengoperasian Simply Accounting sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi, sehingga cocok bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu. Kemudian Simply Accounting bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
2.      Menyediakan Fitur Pengelolahan Data
Simply Accounting juga menyediakan fitur pengelolaan data klien. Dan juga Simply Accounting menyediakan fitur terkait pengelolaan item produk atau jasa, dan juga pengelolaan data vendor.
Kekurangan dari Simply Accounting :
1.      Tidak Ada Fitur Pajak
Namun dalam hal perpajakan, Simply Accounting tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, dalam software ini fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.

I. Dac Easy Accounting
Dac Easy secara aplikasinya dapat memenuhi kebutuhan untuk perusahaan terkait tersedia fitur pengelolaan pelanggan. Transaksi dengan volume yang besar pun bisa tercover oleh software ini. Pengoperasiannya juga cukup mudah dipahami dan juga kemudahan dalam menghasilkan laporan keuangan. Namun jika dibandingkan dengan software lokal seperti Zahir dan Accurate dengan tak kalah kekuatan fitur-fiturnya.
Keunggulan dari Dac Easy Accounting :
1.      Harga yang Ekonomis
masalah harga dari Dac Easy Accounting ini akan membuat software ini tidak menjadi pilihan favorite untuk perusahaan dan usaha menengah ke bawah.
Kekurangan dari Dac Easy Accounting :
1.      Tidak Ada Fitur Pajak
Namun dalam hal perpajakan, Dac Easy Accounting tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia. Hanya saja, dalam software ini fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.

KESIMPULAN :
Dari analisis dan data diatas, penulis merekomendasikan software Zahir dari 8 software accounting yang telah dicantumkan diatas. Zahir memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh 8 software lainnya, meskipun setiap software ada upgrade atau perbaikan pada sistem softwarenya dan setiap software digunakan dengan kebutuhan maupun pada spesialisnya masing-masing, akan tetapi Zahir memiliki semua kelebihan dan menutupi semua kekurangan dari 8 software lainnya. Zahir dalam hal fitur-fiturnya, akurasi laporan keuangan yang dihasilkan oleh Zahir ini tidak kalah dibanding software-software dari luar negeri. Kemudahan pengaplikasiannya menjadi nilai tambah bagi software ini. Adapun, penghitungan Zahir harus dilakukan secara manual, sehingga dapat menghitung sesuai dengan cara penghitungan perusahaan masing-masing.
Rekomendasi yang penulis berikan hanyalah pendapat pribadi penulis dari pendekatan-pendekatan kelebihan dan kekurangan dari sudut pandang penulis dan sumber-sumber yang dipakai penulis.


3 komentar:

Unknown mengatakan...

Thaks atas infonya..
baru-baru ini kami menggunakan software keuangan dari PT. Alfasoft , namanya alfacurrency retail dan untuk toko pakai alfapos, semua produknya berbahasa Indonesia.. apa kekurangan dan kelebihan software tersebut?
karena baru beberapa hari kami menggunakannya

Unknown mengatakan...

Thanks gan informasinya . MANTAP

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat tulisannya
My blog

Posting Komentar

 
;